10 Cara Mendidik Anak Agar Grow Happy

10 Cara Mendidik Anak Agar Grow Happy

Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik di masa tumbuh kembang anak. Termasuk agar Si Kecil menjadi anak yang happy. Tetapi yang perlu diingat adalah bagaimana agar kegembiraan yang Moms berikan pada Si Kecil tidak sebatas saat itu saja. Yang penting adalah bagaimana Moms bisa mendidik anak dengan baik sehingga Si Kecil grow happy di masa tumbuh kembang anak dan kemudian menjadi orang dewasa yang bahagia. Berikut ini adalah 10 cara mendidik anak dengan baik agar Si Kecil grow happy.

 

  1. Penuhi kebutuhan utamanya

    Untuk mendukung tumbuh kembang anak berjalan optimal dan happy, Moms perlu memastikan Si Kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup dan istirahat yang cukup. Si Kecil yang lapar atau letih tentunya rewel dan tak bersemangat, bukan?

     
  2. Biarkan Si Kecil bebas bermain

    Bermain adalah salah satu aktivitas utama si Kecil selama masa tumbuh kembang anak. Bermain tak perlu selalu dirancang sebagai cara belajar Si Kecil kok, Moms. Biarkan pula ia istirahat sejenak dan santai melalui kegiatan bermain.

     
  3. Bantu Si Kecil mengekspresikan emosinya

    Kemampuan komunikasi Si Kecil tentunya masih dalam tahap perkembangan. Tak heran jika ia kemudian menyampaikan emosinya dengan berteriak, menangis dan menghentakkan kakinya. Biarkan Si Kecil mengekspresikan emosinya sambil perlahan mengajarkan cara yang lebih baik untuk mengekpresikannya. Cara ini akan membuat Si Kecil lebih happy dibandingkan anak yang menahan emosinya.

     
  4. Dengarkan Si Kecil

    Si Kecil yang merasa didengar akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang tuanya. Mereka juga akan merasa aman, percaya diri dan happy karena mereka merasa memiliki koneksi yang kuat dengan orang tuanya dan merasa bahwa Moms selalu ada untuknya.

     
  5. Ajarkan Si Kecil untuk berterima kasih

    Selain membiasakan Si Kecil mengucapkan ‘terima kasih’, pastikan pula Si Kecil memang sungguh-sungguh bersyukur. Hal ini bisa Moms lakukan dengan menjadi contoh selalu berterima kasih dengan tulus kepada orang lain, termasuk kepada Si Kecil.

     
  6. Tidak mengharapkan kesempurnaan dari Si Kecil

    Tahap tumbuh kembang anak adalah proses. Karenanya, ketika Si Kecil belajar melakukan sesuatu, yang perlu Moms pentingkan adalah prosesnya. Yang sebaiknya Moms harapkan dari Si Kecil adalah usaha yang ia lakukan, bukan semata-mata hasilnya. Jika Moms mengharapkan hasil yang sempurna, maka Si Kecil justru akan merasa tertekan. Karenanya, selalu beri Si Kecil pujian untuk usaha yang sudah ia lakukan ya, Moms. 

     
  7. Makan bersama

    Sebuah studi menunjukkan bahwa Si Kecil yang secara rutin makan bersama keluarga di rumah akan menjadi lebih stabil secara emosional. Selain itu mereka juga dapat membentuk pola makan yang lebih baik.

     
  8. Pastikan Moms juga happy

    Moms yang happy akan lebih mudah membuat Si Kecil juga happy, lho.  Moms yang happy akan lebih banyak tertawa dan tersenyum sehingga suasana keluarga juga lebih ringan dan santai. Si Kecil merasa lebih dekat dengan Moms, lebih terbuka dan ikut menjadi lebih positif pula.

     
  9. Ajarkan Si Kecil membangun hubungan dengan orang lain

    Moms bisa memulainya dengan mengajarkan Si Kecil berbuat baik kepada orang lain juga dengan mengajarkan nilai-nilai positif seperti empati. Tentunya kemudian diikuti dengan mengembangkan kemampuan komunikasinya untuk mendukung interaksi dengan orang lain.


 

  1. Kontrol diri dan disiplin

    Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan oleh Journal of Personality menemukan bahwa orang yang dapat mengontrol dirinya secara umum memiliki mood yang lebih baik. Karenanya, ajarkan Si Kecil untuk mengembangkan kemampuan ini sejak dini ya, Moms. Dengan begitu ia akan lebih disiplin dan gembira.

 

Moms, yuk manfaatkan masa tumbuh kembang anak memastikan Si Kecil grow happy sampai ia dewasa kelak. Moms tentu ingin masa kecil bahagia Si Kecil juga dapat menjadi bekal untuk masa depannya, bukan?