Tips Komunikasi yang Baik dengan Anak

Tips Komunikasi yang Baik dengan Anak

Moms tentu ingin Si Kecil mendengar nasihat dan ucapan Moms, bukan? Karena Moms tentu ingin selalu memberitahu Si Kecil apa yang baik baginya. Tetapi, dalam proses tumbuh kembang anak, Moms seringkali lupa untuk mendengarkan Si Kecil juga. Padahal komunikasi dengan anak tentunya berjalan dua arah, bukan?
 

Jika Moms menjadi pendengar yang baik bagi Si Kecil, maka Si Kecil juga akan lebih mendengarkan apa yang Moms katakana, lho. Gail Saltz, MD, seorang psikoanalis dari New York, mengatakan bahwa jika Si Kecil merasa didengar dan dimengerti maka ia akan lebih percaya, tertarik dan mendengar ucapan Moms. Berikut ini adalah beberap hal yang sebaiknya Moms lakukan dan hal yang perlu Moms hindari agar dapat menjadi pendengar yang baik bagi Si Kecil dan mendukung proses tumbuh kembang anak.
 

Yang sebaiknya Moms lakukan:

  1. Selalu luangkan waktu untuk komunikasi dengan anak. Waktu makan bersama dan waktu santai sebelum tidur bisa Moms manfaatkan untuk mengobrol dengan Si Kecil.
     
  2. Biarkan Si Kecil selesai berbicara dulu baru Moms memberikan respon. Jangan memotong ucapannya.
     
  3. Samakan posisi mata Moms dengan Si Kecil. Misalnya dengan berlutut di hadapannya. Cara ini akan
    membuat Si Kecil tahu bahwa Moms sepenuhnya memperhatikan apa yang ia ucapkan dan dihargai.

     
  4. Mengulang sedikit atau bertanya sedikit berkaitan dengan apa yang Si Kecil ucapkan akan menunjukkan bahwa Moms benar-benar menyimak. Si Kecil akan merasa dihargai, diperhatikan dan percaya Moms dapat membantunya karen Moms tidak serta merta mengambil kesimpulan sendiri.
     
  5. Komunikasi dengan anak melalui obrolan yang suasana santai sehingga Si Kecil jadi lebih mudah dan berani menyampaikan pendapatnya atau menceritakan masalahnya.

 

Yang sebaiknya Moms hindari:

  1. Memotong ucapan Si Kecil dan langsung membuat kesimpulan tanpa benar-benar mendengarkan.
     
  2. Mengkritik dan menyalahkan Si Kecil tanpa bertanya terlebih dahulu.
     
  3. Melakukan hal lain saat Si Kecil berbicara dan memberi respon seadanya. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa tidak diperhatikan atau didengarkan.

 

Ketika Moms dapat menunjukkan pada Si Kecil bahwa Moms adalah pendengar yang baik baginya, maka Moms akan membantu Si Kecil belajar untuk mendengarkan pula. Komunikasi dengan anak yang baik akan mempererat hubungan Moms dengan Si Kecil dan tentunya mendukung proses tumbuh kembang anak. Yuk, Moms selalu jadi pendengar yang baik bagi Si Kecil, ya