Manfaat Olahraga Untuk Anak

Manfaat Olahraga untuk Tumbuh Kembang Anak

Moms, manfaat olahraga bagi Si Kecil tak sebatas membuat tubuh sehat dan melatih fisik serta motorik anak saja, lho. Ada banyak manfaat olahraga anak lainnya, baik yang dilakukan secara perorangan maupun dalam tim, yang penting dalam masa tumbuh kembang anak. Dengan melakukan olahraga, Si Kecil akan selalu bugar sekaligus bisa belajar banyak hal penting dengan cara yang seru. Yuk, simak apa saja manfaat olahraga anak di bawah ini.

 

  1. Membangun rasa percaya diri

    Memiliki rasa percaya diri adalah bagian penting dari tumbuh kembang anak. Salah satu manfaat olahraga anak adalah membantu anak untuk belajar mengembangkan rasa percaya dirinya. Saat anak berolahraga, ia akan mendapat pujian dan dorongan positif serta kritik membangun dari pelatih, orang tua atau teman satu timnya. Si Kecil juga akan belajar untuk percaya akan kemampuan yang ia miliki.

 

  1. Belajar nilai sportifitas

    Dengan berolahraga Si Kecil akan belajar bagaimana menerima kekalahan dengan positif dan juga bagaimana menjadi pemenang yang baik. Si Kecil akan belajar bahwa ia tak akan selalu menang tetapi kekalahan juga bukan berarti ia kemudian berputus asa.

 

  1. Belajar disiplin

    Baik olahraga individu maupun kelompok memerlukan sikap disiplin. Si Kecil perlu mengikuti aturan, menerima instruksi, menerima keputusan, belajar untuk tepat waktu, mengikuti jadwal, dan lain sebagainya. Disiplin juga akan dipelajari Si Kecil dengan kebiasaan menyiapkan perlengkapan olahraganya sendiri.

 

  1. Belajar bersosialisasi dan menjadi bagian dari kelompok

    Salah satu manfaat olahraga anak, adalah belajar bersosialisasi dan bagaimana bekerjasama dalam kelompok. Saat melakukan olahraga kelompok, Si Kecil sudah pasti akan belajar berbagi tugas dan tanggung jawab serta berinteraksi dengan teman satu timnya. Tetapi secara umum dalam olahraga apapun anak akan belajar berinteraksi dengan orang dari berbagai usia. Seperti pelatih, wasit, atau lawannya.
     

Olaharaga apa yang disukai Si Kecil, Moms? Yuk, jadikan olahraga bagian dari proses tumbuh kembang anak dan dukung terus agar ia selalu happy saat berolahraga, ya.