Ketahui dan Jaga Berat Badan Ideal Anak Usia 1-3 Tahun

Ketahui dan Jaga Berat Badan Ideal Anak Usia 1-3 Tahun

Moms, memantau pertumbuhan Si Kecil penting dilakukan untuk memantau apakah anak mengalami berat badan kurang atau malah mungkin mengalami obesitas atau berat badan berlebih. Karena, kedua kondisi ini pastinya dapat mengganggu proses tumbuh kembang dan kesehatan anak. Memantau pertumbuhan anak salah satunya adalah dengan memastikan berat badan ideal anak selalu terjaga.
 

Untuk memantau berat badan ideal anak, saat ini di Indonesia yang digunakan adalah kurva pertumbuhan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).  Indikatornya bisa dengan berat badan menurut tinggi badan yang akan diinterpretasikan sebagai obesitas, gizi lebih, gizi baik, gizi kurang, dan gizi buruk. Ada pula indikator lainnya adalah berat badan menurut usia yang akan membagi anak menjadi berat badan normal, berat badan kurang dan berat badan berlebih.
 

Nah, untuk anak usia 1-3 tahun, berdasarkan panduan dari WHO, maka berat badan ideal anak adalah sebagai berikut.
 

Usia

Laki-laki

Perempuan

1 tahun

9,6 kg

8,9 kg

2 tahun

12,2 kg

11,5 kg

3 tahun

14,3 kg

13,9 kg

 

Jika sudah mengetahui berat badan anak balita yang ideal seperti di atas, maka yang perlu Moms lakukan adalah mendukung Si Kecil agar berat badannya terjadi dan ia selalu sehat. Nah, apa yang perlu Moms lakukan jika ternyata berat badan Si Kecil berlebih? Berikut ini adalah tips praktis yang dapat Moms coba agar berat badan ideal anak selalu terjaga.
 

  • Tips jika berat badan anak balita berlebih
  1. Dorong Si Kecil untuk aktif bergerak. Setidaknya selama 60 menit dalam sehari anak perlu melakukan aktivitas fisik. Misalnya dengan bermain di taman bermain, lari-larian. Dan semacamnya.
  2. Siapkan menu makan sehat dengan gizi seimbang. Kurangi asupan gula, makanan olahan siap saji. Ganti camilan dengan menu yang lebih sehat, misalnya biskuit gandum dan buah potong.
  3. Biasakan Si Kecil makan 3 kali makanan pokok dan 2 kali camilan dengan porsi yang cukup. Dengan begitu ia tidak akan menjadi terlalu lapar yang bisa berakibat makan berlebih.
  4. Pastikan Si Kecil tidur dengan cukup ya, Moms. Si Kecil yang kurang tidur ternyata lebih berisiko mengalami obesitas.
     

Jangan lupa ya Moms, kebiasaan baik bisa dipelajari Si Kecil dengan melihat Moms. Jika Moms ingin anak makan dengan pola makan yang sehat dan aktif bergerak, maka Moms juga perlu melakukannya juga. Moms dan Si Kecil sama-sama sehat tentu bikin semua happy.