Aktivitas Fisik untuk Dukung Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun

Aktivitas Fisik untuk Dukung Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun

Aktif bergerak adalah bagian penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan anak balita agar ia selalu sehat dan grow happy. Bermain adalah salah satu cara agar Si Kecil aktif bergerak. Melalui bermain aktif Si Kecil akan belajar berbagai hal, mengembangkan berbagai aspek kecerdasan dan mendorong pertumbuhan serta memperkuat otot dan tulangnya.
 

Menurut rekomendasi WHO, Si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun perlu aktif bergerak selama setidaknya 30 menit dalam sehari, khususnya melalui aktivitas bermain dengan posisi tengkurap. Sementara itu Si Kecil yang berusia 1 sampai 2 tahun perlu melakukan aktivitas fisik yang bervariasi setidaknya selama 180 menit dalam sehari. Baik itu aktivitas fisik dengan intensitas sedang maupun intensitas tinggi.
 

Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas fisik anak 1 tahun yang bisa Moms dan Si Kecil lakukan untuk dukung perkembangan dan pertumbuhan anak.

 

  1. Bergoyang mengikuti irama musik

Walaupun di usia ini Si Kecil mungkin masih belajar berdiri dan berjalan sendiri, tetapi bukan halangan untuk bergoyang mengikuti musik. Yuk, pasang lagu anak yang gembira dan ajak Si Kecil untuk bergerak. Si Kecil dapat duduk sendiri atau dipangku. Kemudian Moms dapat bergerak agar Si kecil mengikuti gerakan Moms atau mendorong ia bergerak sambil menggoyangkan tangan atau tubuhnya mengikuti musik. Agar lebih asyik, ajak Si Kecil menggenggam mainan yang berbunyi, misalnya marakas. Pasti ia akan semakin bersemangat!

 

  1. Bermain terowongan

    Yuk, buat terowongan menggunakan kardus bekas atau kursi yang disusun sedemikian rupa. Kemudian ajak Si Kecil untuk bertualang melewatinya sambil membungkuk, merangkak atau bahkan berguling. Buat rintangan yang sesuai dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan anak, ya. Moms mungkin harus ikut melakukannya bersama Si Kecil untuk memberi contoh. Tetapi bukankah bermain bersama akan membuat suasana jadi lebih menyenangkan?

     
  2. Menirukan binatang

    Permainan ini bukan hanya sebagai aktivitas fisik anak 1 tahun, tetapi juga cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan berbagai hewan kepada Si Kecil. Tentunya pertama-tama Moms perlu memperlihatkan dulu kepada Si Kecil mengenai berbagai hewan. Hal ini bisa Moms lakukan melalui buku, video atau kunjungan ke kebun binatang. Kemudian ajak Si Kecil berpura-pura menjadi aneka hewan. Misalnya melompat seperti kelinci sambil membuat telinga kelinci dengan tangan, berjalan sambil menggoyangkan kepala seperti gajah, atau berkeliling sambil mengepakkan tangan bagaikan burung.

     
  3. Bermain bola

    Untuk bermain bola sebagai salah satu aktivitas fisik anak 1 tahun, Moms dan Si Kecil bisa duduk berhadapan dengan kaki terbuka menyerupai huruf V. Duduklah dengan jarak 1 sampai 2 meter. Jarak ini bisa disesuaikan dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan anak ya, Moms. Kemudian gelindingkan bola kea rah Si Kecil dan minta ia untuk menangkap dan kembali menggelindingkannya kepada Moms.  Jika Si Kecil sudah semakin mahir, Moms dapat menggelindingkan dengan lebih cepat lagi.

     
  4. Bermain gelembung sabun

    Ya, gelembung sabun bisa jadi aktivitas untuk dukung perkembangan dan pertumbuhan anak, lho. Caranya pun sederhana, Moms cukup meniupkan gelembung ke arah Si Kecil perlahan dan minta ia menangkap atau memecahkannya. Bila Si Kecil sudah mulai berjalan, pastikan aktivitas ini dilakukan di tempat yang kosong sehingga ia tak menabrak sesuatu, ya.

     

Masih banyak ide aktivitas fisik anak 1 tahun yang dapat Moms lakukan di rumah dan tak selalu harus dengan membeli berbagai mainan baru. Dengan sedikit kreativitas Moms bisa mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak melalui berbagai pemainan aktif yang seru. Selamat bermain bersama