Jenis Makanan untuk Cegah dan Atasi Diare pada Anak

5 Jenis Makanan untuk Cegah dan Atasi Diare pada Anak

Moms, Si Kecil mengalami diare sebenarnya adalah hal yang wajar. Pasalnya, di masa usia dini ini saluran cerna Si Kecil memang belum terbentuk sempurna sehingga ia rentan mengalami berbagai penyakit pencernaan, termasuk diare. Meskipun wajar mengalami diare, tetapi diare tentunya perlu segera diatasi agar tak membahayakan Si Kecil. Salah satu yang dapat Moms lakukan adalah memberi si Kecil jenis makanan yang baik bagi pencernaan untuk dapat mencegah diare dan memberikan makanan untuk anak diare. Berikut ini adalah beberapa jenis makanannya. Simak, yuk!
 

  1. Probiotik

    Moms, saluran cerna adalah benteng tubuh dari pengaruh lingkungan luar, lho. Tentunya termasuk untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit pencernaan. Beberapa penelitian memperlihatkan hubungan antara bakteri baik dan proses pertahanan tubuh. Yaitu dengan menstabilkan keseimbangan mikroorganisme di saluran cerna dan meningkatkan respon pertahanan tubuh. Nah, bakteri baik di saluran cerna juga terbukti bermanfaat mengatasi diare akibat infeksi dan mencegah diare akibat antibiotik. Bakteri baik atau probiotik ini bisa didapat dari makanan dan minuman yang difermentasi. Diantaranya adalah yogurt, tempe, tahu, dan lainnya.
     
  2. Pisang

    Pisang adalah jenis buah yang rasanya tak terlalu mencolok dan mudah dicerna, karenanya bisa jadi pilihan yang baik sebagai makanan untuk anak diare. Pisang juga kandungan seratnya tak terlalu tinggi jika dibandingkan jenis buah lainnya sehingga dapat membantu membuat feses menjadi lebih padat. Selain itu, pisang juga kaya akan potassium, elektrolit yang dapat hilang saat kita mengalami diare. Pisang dapat membantu menyerap cairan berlebih di usus tanpa menyebabkan penyakit pencernaan lainnya seperti konstipasi.
     
  3. Oatmeal

    Oatmeal mengandung serat yang dikenal sebagai ‘soluble fiber’ yang dapat membantu mengatasi diare. Jenis serat ini akan menarik air dan mengubahnya menjadi gel dan memperlambat proses pencernaan. Tetapi, selama Si Kecil mengalami penyakit pencernaan diare, sebaiknya Moms menghindari penggunaan pemanis dan susu saat membuat oatmeal, ya.
     
  4. Nasi Putih

    Ya, nasi putih dapat membantu mengatasi diare lho, Moms. Karena nasi putih rendah kandungan seratnya sehingga tidak memancing kerja saluran cerna. Nasi putih juga mudah dicerna dan mengikat sehingga akan membantu memadatkan feses. Saat Si Kecil mengalami diare Mom dapat mengolah nasi putih polos atau mencampurnya dengan kaldu ayam sebagai menu makanan untuk anak diare.
     
  5. Protein

    Si Kecil tetap membutuhkan asupan protein selama ia diare. Yang perlu Moms perhatikan adalah memilih jenis protein yang mudah dicerna, misalnya daging ayam yang dikukus. Hindari pula penggunaan mentega, minyak, dan bumbu-bumbu. Mengolah ayam menjadi sup ayam juga bisa jadi pilihan bernutrisi sekaligus membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.
     

Selain memberikan Si Kecil makanan yang dapat mencegah dan mengatasi penyakit pencernaan diare, Moms juga perlu memperhatikan cara pemberian makanan selama si Kecil diare, ya. Misalnya dengan memberikan makanan dalam porsi kecil saja tetapi sering.