Ide Aktivitas dengan anak

10 Ide Aktivitas Bersama Anak di Akhir Pekan

Moms, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas bersama anak. Apalagi mengingat di hari lainnya biasanya anggota keluarga punya kesibukan masing-masing. Misalnya orang tua yang bekerja, atau Si Kecil yang sudah mulai bersekolah. Saat akhir pekan, biasanya akan ada lebih banyak waktu dimana seluruh anggota keluarga berkumpul bersama. Yuk, manfaatkan akhir pekan untuk melakukan aktivitas bersama anak yang seru sekaligus bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak. Bingung mau melakukan apa? Simak 10 ide aktivitas berikut ini, yuk!
 

Aktivitas di luar rumah

  1. Jalan-jalan ke museum

    Yuk, ajak Si Kecil mengunjungi museum yang ada di kota Moms. Agar lebih seru, Moms bisa mencari tahu lebih dulu mengenai museum yang akan dikunjungi dan siapkan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil nanti. Misalnya, minta Si Kecil membuat gambar benda yang ia lihat di museum atau mencari informasi tentang hal tertentu yang berhubungan dengan museum tersebut.
     
  2. Menonton pertandingan olahraga

    Menonton pertandingan olahraga selain bisa jadi aktivitas keluarga yang seru, juga bisa mengajarkan Si Kecil nilai sportifitas dan mendorongnya untuk gemar berolahraga.
     
  3. Jalan-jalan dengan transportasi umum

    Nah, jika biasanya Si Kecil diajak jalan-jalan dengan mobil pribadi, kali ini Moms bisa mengajak Si Kecil menggunakan berbagai jenis transportasi umum yang ada. Selain jadi pengalaman yang menyenangkan, Moms bisa sekaligus mengajarkan Si Kecil tata cara menggunakan transportasi umum yang baik.
     
  4. Jadi turis di kota sendiri

    Sudahkah Si Kecil mengenal berbagai monument yang ada di kota tempat tinggalnya? Yuk, sesekali ajak Si Kecil mengunjungi monumen-monumen tersebut agar ia bisa belajar mengenal kota tempat tinggalnya dan juga sejarah Indonesia.
     
  5. Mengunjungi perpustakaan

    Gemar membaca adalah kebiasaan yang banyak manfaatnya bagi proses tumbuh kembang anak dan perlu diperkenalkan sejak usia dini. Yuk, ajak Si kecil mengunjungi perpustakaan sebagai aktivitas bersama anak di akhir pekan. Bisa ke perpustakaan khusus anak jika memang ada, atau perpustakaan umum yang memiliki koleksi buku anak.

 

Aktivitas di rumah

  1. Nonton di ‘bioskop’

    Nonton bioskop tapi di rumah. Seru, kan? Ajak Si Kecil memilih film anak-anak yang ia sukai dan siapkan ruang keluarga sehingga menyerupai bioskop. Misalnya dengan membuat ruangan menjadi lebih gelap, menyiapkan camilan ala bioskop, dan membuat tiket nonton bersama Si Kecil.
     
  2. Merapihkan ruang bermain

    Belajar merapihkan barang-barang miliknya, termasuk mainan, setelah digunakan adalah keterampilan yang penting bagi tumbuh kembang anak. Nah, supaya jadi seru dan menyenangkan, Moms bisa jadikan ini sebagai aktivitas bersama anak di akhir pekan. Sesuatu yang dikerjakan bersama tentu akan jadi lebih menyenangkan dan cepat selesai, bukan?
     
  3. Main board game

    Ada banyak jenis board game yang kini dijual di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan usia Si Kecil dan mainkan bersama seluruh anggota keluarga.
     
  4. Jalan-jalan di sekitar rumah

    Kegiatan yang ini bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai aktivitas olahraga yang baik bagi tumbuh kembang anak lho, Moms. Bangun dipagi hari dan ajak seluruh anggota keluarga berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah. Bisa dengan jalan santai, jogging, atau bersepeda.
     
  5. Masak bersama

    Ajak anggota keluarga untuk memilih menu yang ingin dibuat dan lakukan semuanya bersama-sama. Mulai dari berbelanja bahan yang dibutuhkan, memasak, makan bersama, sampai membersihkan kembali semua barang yang digunakan.
     

Masih banyak kegiatan seru lain yang bisa dilakukan di akhir pekan. Yang Moms perlukan hanya sedikit kreatifitas dan kebersamaan. Walau aktivitasnya sederhana, tetapi jika dilakukan bersama seluruh anggota keluarga tentu akan jadi lebih menyenangkan dan berkesan, bukan?