Tips Agar Anak Tidak Murung

Tips Agar Anak Tidak Murung

Sadar gak sih Moms, kalau mood cukup berpengaruh buat si kecil? Jika mood-nya turun, si kecil pasti akan murung dan jadi gak nafsu makan. Maka dari itu, Moms harus cegah hal itu ya! Yuk, tingkatkan mood si kecil dengan lima hal berikut ini!

 

1. Ajak mereka bermain sambil belajar

 

membuat kegiatan anak yang positif

 

Belajar gak selalu harus serius dan kaku lho Moms. Selain si kecil jadi mudah bosan, lama-lama mereka juga bisa stres. Mulai sekarang, Moms bisa beralih mengajak mereka belajar sambil  bermain, misalnya melukis bersama, bermain Scrabble, dan lain sebagainya. Selain belajar menjadi lebih santai, si kecil jadi lebih aktif dan asyik melakukannya.

 

2. Puji mereka di saat yang tepat

 

membuat anak kembali ceria

 

Pujian memang baik untuk si kecil. Tapi jangan terus-terusan memuji dia ya. Moms perlu mengetahui mana waktu terbaik untuk memuji mereka. Yang terpenting adalah kualitas dari latar belakang kenapa kita perlu memuji si kecil, bukan seberapa banyak pujian yang diberikan kepada mereka.

 

Paul Donahue, PhD, founder sekaligus director dari Child Development Associates mengatakan bahwa orang tua harus memahami bahwa tujuan dari memuji anak mereka adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Namun meski tujuannya baik, jangan sampai Moms terlalu memuji mereka ya. Puji lah di saat-saat yang tepat, misalnya saat si kecil telah berusaha dengan keras dalam perlombaan yang mereka ikuti. Dengan begitu, mereka akan merasa bahwa usahanya tidak sia-sia dan akan merasa bangga dengan dirinya sendiri.

 

3.  Berikan mereka tanggung jawab sedikit demi sedikit

 

aktivitas positif untuk anak kembali ceria

 

Beriringan dengan tumbuhnya si kecil, mereka semakin memiliki kesadaran untuk lebih mandiri. Untuk membantu si kecil lebih mandiri, coba mulai sekarang ajak mereka untuk membantu lakukan pekerjaan kecil di rumah ya, Moms!

 

Orang dewasa dapat menjadi faktor penentu anak untuk belajar lebih bertanggung jawab melalui beberapa pekerjaan rumah serta bagaimana caranya merespon suatu tindakan, misalnya dengan mengucapkan “maaf”, “terima kasih”, atau “tolong”.

 

Moms juga bisa lho memberikan beberapa hal, misalnya  seperti menyiram tanaman ataupun memberi makan peliharaan di rumah. Selain membuat si kecil jadi lebih aktif, hal itu juga berguna untuk tingkatkan mood si kecil loh, Moms.

 

4. Berikan asupan yang terbaik untuk mereka

 

makanan kesukaan anak agar kembali ceria

 

Makanan yang si kecil konsumsi dapat mempengaruhi mood-nya lho. Makanan dapat mempengaruhi tingkat kebahagiaan si kecil tapi bisa juga menyebabkan ia mengamuk. Untuk itu, Moms bisa berikan si kecil makanan yang kaya serat. Misalnya, buah-buahan seperti beri-berian yang juga diperkaya dengan antioksidan.

 

Tapi dalam memberikan asupan yang bikin si kecil happy, jangan sampai melewatkan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan anak ya. Moms bisa memulainya dengan memberikan asupan-asupan yang mengandung vitamin A, D, E, B, C, kalsium, bahkan hingga omega 6 dan omega 3. Sudah menemukan asupan yang bisa memenuhi semua nutrisi si kecil, Moms?

 

5.  Isi weekend dengan bepergian keluar rumah

 

inspirasi kegiatan keluarga

 

Mood si kecil menurun mungkin bisa terjadi karena mereka jenuh dengan aktivitas selama weekdays, misal karena sekolah. Nah, karena itu Moms harus memanfaatkan weekend dengan sebaik mungkin, misalnya dengan mengajak si kecil bepergian keluar rumah atau jalan-jalan di taman. Hal itu bisa menjadi hiburan dan penghilang penat sehingga bisa meningkatkan mood mereka.

 

Sekarang Moms udah tau kan gimana caranya buat tingkatkan mood si kecil dan happy. Nah, mulai sekarang selalu perhatikan kebahagiaan dan tumbuh kembang mereka ya Moms!