Hal yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Hal yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Sering kali kita menemukan anak dengan kecerdasan yang berbeda-beda. Ternyata ini ada kaitannya dengan bagaimana tumbuh kembang anak loh ma. Kali ini akan kasih tau hal-hal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Biar tidak salah kaprah, yuk coba simak infonya berikut ini Moms!

 

1. Faktor pola asuh orangtua

 

latih tumbuh kembang anak dengan melalui permainan

 

Hal utama yang bisa memengaruhi anak dalam tumbuh kembangnya adalah pola asuh orangtua sendiri. Mereka sangat membutuhkan tuntunan dan sering menjadikan orangtua sebagai role model dalam keseharian mereka. Ingat, pola asuh apapun yang diajarkan kepada anak akan menjadi sebuah habit dan pembentukan karakter mereka loh Moms.

 

2. Lingkungan sekitar anak

 

menggambar dapat melatih imajinasi anak

 

Selain faktor pola asuh orangtua, ada lagi nih Moms yang tidak kalah penting, yakni faktor lingkungan. Mulai dari lingkungan pertemanan atau pun lingkungan tempat tinggal. Sebagai contoh, kalau anak sering bermain dengan temannya yang suka main game sampai lupa waktu. Perilaku seperti ini rawan dicontoh sang anak lho. Untuk itu, Moms perlu menjaga si kecil dari lingkungan yang tidak baik ya.

 

3. Nutrisi dan gizi yang diberikan

 

minum susu untuk kesehatan pencernaan anak

 

Selain itu, tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh asupan gizi dan nutrisi mereka. Apapun yang mereka makan, pastikan berasal dari makanan sehat ya. Kalau memang mereka tergolong susah untuk makan buah dan sayur, Moms bisa banget loh mengolahnya dengan menu atau jus buah yang enak. Tinggal di kreasikan dan terlihat menarik, dijamin deh mereka bakalan ketagihan.

 

Hal simpel lainnya, Moms bisa kasih mereka dengan susu yang sudah mencakup banyak nutrisi dan gizi yang cukup tinggi. Moms bisa memberikan si kecil susu LACTOGROW yang memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, dan zat besi yang bagus untuk pertumbuhannya.

 

4. Permainan dan tontonan yang mendidik

 

melatih tumbuh kembang anak dengan permainan interaktif

 

Masa kecil mereka jangan sampai terenggut dengan keberadaan gadget, tapi bukan berarti mereka tidak boleh sama sekali memainkan gadget. Mereka berhak untuk menonton film atau permainan yang mereka sukai, tapi coba deh selipkan film atau game yang mendidik. Misalnya film kartun yang bertemakan keluarga, atau bahkan game yang mengasah kemampuan bahasa Inggris mereka. Belajar sambil bermain, kenapa tidak?

 

5. Rekreasi untuk mengenal dunia luas

 

menjaga hubungan persaudaraan anak

 

Terakhir, ajaklah mereka untuk rekreasi atau sekedar piknik bersama keluarga. Selain untuk quality time bersama keluarga, momen ini tanpa sadar mengajak mereka untuk melihat dan mengenal dunia luar. Bisa saja mereka justru melontarkan berbagai macam pertanyaan yang ingin mereka tahu dan justru di luar dugaan. Ini dia momen untuk mengajari mereka.

 

Nah itulah lima hal yang wajib diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak. Kira-kira, mana nih cara jitu yang ampuh mengajari mereka, Moms? Tulis di kolom komentar ya.