Aktivitas Agar Anak Tumbuh Bahagia

Aktivitas Agar Anak Tumbuh Bahagia

Melihat Si Kecil tumbuh ceria, tentu menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri ya, Moms. Namun, kadang-kadang Moms mungkin kesulitan menemukan cara untuk membuat suasana hatinya lebih bahagia. Mainan, gadget, atau makanan favorit, bisa jadi membuatnya happy. Tapi, ada baiknya kalau Moms menyempatkan diri ada di dekatnya dan mendukungnya untuk selalu ceria. Tidak mesti mengajaknya pergi ke taman atau mal, berikut beberapa ide aktivitas sederhana yang bisa Moms lakukan untuk membuat anak ceria. Yuk, disimak!

 

  • Berikan Si Kecil Pujian

Menghargai kelakukan baik yang sudah dilakukan Si Kecil, bisa membantu membuatnya lebih bahagia. Peneliti dari De Monfort University, Inggris, bahkan menyarankan Moms memberikan pujian kepada Si Kecil minimal sebanyak lima kali tiap harinya. Kenapa? Menurut studi para peneliti ini, orang tua yang memberikan pujian sebanyak lima kali dalam sehari dapat membantu anak untuk berbuat baik dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Rasa kebanggaan terhadap diri sendiri ini, bisa membuatnya merasa bahagia. Jadi, Moms sebaiknya lebih sering memberikan Si Kecil pujian ya, misalnya semudah mengatakan: “hebatnya anak Mama, bisa membereskan mainan sendiri!” Lalu Moms bisa mengajaknya melakukan high-five atau tos untuk menyemangatinya berbuat baik. Supaya lebih seru, Moms bisa membuat sendiri tabel berisi lima kebaikan Si Kecil setiap hari di kertas, lalu ditempel di kulkas. Isi daftar ini setiap Si Kecil sudah melakukan kebaikan dan berikan ia pujian. Moms juga bisa ajak Si Kecil menempelkan stiker bintang setelah ia berhasil berbuat lima kebaikan, dan membuat gambar lucu sebagai hiasan. Seru, kan!  

 

  • Ajak Si Kecil Membantu di Dapur

Ini bisa jadi salah satu kegiatan sederhana supaya Si Kecil menjadi anak ceria. Sebab, kegiatan di dapur bisa memberikan anak pengalaman baru yang seru. Sambil menyiapkan makanan atau kue, Moms bisa mengajaknya melakukan tugas kecil di dapur. Misalnya, minta bantuan Si Kecil menaburkan tepung di atas loyang, atau memasukkan irisan daun bawang ke dalam adonan telur. Elaine Magee, ahli nutrisi lulusan University of California – Berkeley, AS, menuliskan bahwa kebersamaan di dapur dapat mendorong orang tua dan anak saling berkomunikasi atau berbagi cerita. Tujuannya untuk membuat Moms dan Si Kecil jadi makin kompak dan happy. Bahkan, psikolog anak, dr. Rini Hildayani, M.Si, juga menambahkan bahwa melibatkan anak dalam proses memasak dapat mendukungnya lebih lahap untuk mengonsumsi makanannya.

 

  • Dukung Si Kecil Main dengan Teman Seusianya

Biasanya Si Kecil makin ceria saat ia main bersama anak seusianya. Jadi, sejak dini sebaiknya Moms dukung Si Kecil untuk berinteraksi dengan anak yang lain. Ajak anak tetangga untuk main ke rumah, atau bisa juga buat acara playdate dengan mengundang anak kerabat dan keluarga. Menurut studi The Encyclopedia on Early Childhood, kebiasaan berinteraksi ini bahkan bisa dimulai sejak ia berusia enam bulan, lho. Namun, anak baru bisa berkomunikasi secara verbal dan non-verbal dengan cukup baik ketika ia sudah berusia dua tahun, Moms. Membiasakan Si Kecil berinteraksi dengan anak seusianya dan juga orang lain, bisa menjadi bekal untuk mendukung kemampuan komunikasi dan sosialnya saat ia dewasa nanti.

 

  • Jaga Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil

Apa hubungan antara kesehatan saluran pencernaan dengan kebahagiaan Si Kecil? 70% sistem daya tahan tubuh anak terletak di saluran cerna. Jika, saluran cerna Si Kecil senantiasa terjaga, artinya daya tahan tubuhnya dapat bekerja dengan optimal agar ia tidak mudah sakit. Kondisi tubuh yang tidak fit, tentu bisa membuat Si Kecil rewel dan menghalanginya untuk bermain dengan ceria. Selain itu, saluran cerna juga merupakan tempat produksinya hormon serotonin atau juga sering disebut hormon kebahagiaan.

 

Bantu jaga kesehatan Si Kecil dengan memberikannya makanan bergizi lengkap dan seimbang. Susu pertumbuhan Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri diperkaya dengan kandungan Lactobacillus reuteri, 12 vitamin, 7 mineral, dan minyak ikan, untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Bagaimana Moms? Tidak begitu sulit ‘kan mendukung Si Kecil menjadi anak ceria? Keceriannya hari ini adalah awal tumbuh bahagianya nanti. Grow Happy!